Senin, 21 September 2015

Sambal Mentah Terasi Kesukaanku




Sambal...hmmm bagi pecintanya pasti bikin ngiler ya. Makan kalau nggak ada sambal, rasanya mendadak nggak lapar. Masa ? ehhehe lebay aja. Bukan kebetulan, teman-temanku dulu di kantor maniak sambal. Apapun makanannya, selama di situ ada sambal, dihantam saja. Saos sambal pun nggak pernah absen di meja beberapa temanku. Meski begitu, aku tetap saja tidak tergoda. 




Aku bukan penggemar makanan pedas. Justru kalau pedas, aku jadi tidak begitu menikmati makanan. Karena sibuk ngademin panas yang membakar mulut. Belum lagi gerahnya hehehe, bikin rusak penampilan. Sekalipun aku pakai sambal, sedikit sekali. Seringnya nyaris tanpa sambal. 

Sambal yang aku suka cuma sambal tomat yang asam. Sambalnya pun dibuat dari cabe merah mentah, cabe rawit sedikit, cuma syarat aja biar keliatan berwarna hehe. Ditambah terasi goreng, sebuah tomat segar dan jeruk nipis. 

Kalau mo dirinci :

Cabe merah : segemgam tangan, kira2 seperapat gitu deh
Cabe rawit   : 2-3 buah
Tomat         : 1 buah
Terasi          : sejempol (udah digoreng).
Garam secukupnya.




Bahan-bahan pedas ini diuleg. Setengah halus campurin sebuah tomat, kemudian diuleg agak kasar. Dan, diperas jeruk nipis. Hmmm...segar banget rasanya. Nggak pedas hehehe tapi bikin nafsu makan. Aku  biasanya makan sambal mentah terasi dengan sayur asam. Menu-menu lainnya aku juga suka pacarin dengan sambal mentah terasi, seperti tumis-tumisan. Kalau udah makan dengan sambal mentah terasi ini, nggak terasa udah abis dua piring. Waduhh...sukses bikin badanku mekar. 



1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...